Hal Yang Perlu Dipersiapkan Suami Menjelang Persalinan Istri

Persalinan
          Untuk kelancaran proses persalinan istri dan setelahnya, seorang suami perlu mengetahui dan menyiapkan hal yang perlu dipersiapkan menjelang persalinan istri di rumah sakit. Hal ini penting diingat dan dilakukan sebelum hari persalinan.

Apa saja yang perlu dipersiapkan suami menjelang persalinan istri? Mari kita mulai dari yang pertama (1):

1.     Perlengkapan Persalinan Istri dan Setelahnya




Dalam proses persalinan, menurut pengalaman admin pribadi saat kelahiran anak pertama dibutuhkan beberapa perlengkapan sebagai berikut:
-          2 Jarik/ sarung, untuk proses persalinan
-          1 pasang pakaian untuk sang istri setelah melahirkan
-          Perlengkapan mandi
Jika persalinan dilakukan di rumah sakit dengan penanganan dokter spesialis, biasanya akan ada layanan perawatan untuk istri setelah melahirkan. Disini sang istri dianjurkan untuk menginap di rumah sakit selama 3 hari 2 malam. Maka dari itu seorang suami juga harus menyiapkan 4 pasang pakaian untuk sang istri.

Untuk konsumsi umumnya pihak rumah sakit telah menyediakan makanan selama menginap. Namun disarankan pada suami agar membawa susu dan buah-buahan untuk mempercepat pemulihan kondisi sang istri.


2.     Perlengkapan Bayi

Setelah bayi telah terlahir perawat rumah sakit akan melakukan perawatan untuk si bayi. Dalam tindakan perawatan bayi setelah istri melahirkannya dan selama istri masih dirawat selama 3 hari 2 malam tersebut di butuhkan  beberapa perlengkapan sebagai berikut:

-          6 pasang pakaian bayi
-          Pampers newborn
-         1 Dot
-     2 dus kecil susu formula untuk usia 0-6 bulan
-          Minyak telon
-          Bedak
-          Sabun bayi
-          Selendang Bayi (untuk gendong)

Perlengkapan bayi sangat penting dipersiapkan agar suami bisa menghemat tenaga, waktu dan biaya. Jika tidak dipersiapkan maka suami akan mondar-mandir mempersiapkan semua perlengkapan itu dalam sekejap.


3.  Perlengkapan Suami

Suami juga harus mempersiapkan perlengkapannya sendiri. Namun persiapan yang wajib adalah sebagai berikut:

-          Pakaian
-          Perlengkapan mandi
-          Perlengkapan ibadah
-          Gadget/Hp + Charger (jangan lupa diisi pulsa dan paket internet)

Untuk Gadget/HP berfungsi untuk memberikan kabar kepada keluarga, rekan, teman, saudara atas kelahiran anak. Gadget juga berfungsi untuk berfoto dengan istri dan bayi di hari kelahiran untuk memorial moment bahagia tersebut.

4.  Persiapan Mental dan Fisik


              Mental dan fisik perlu dipersiapkan suami sebelum persalinan istri. Saat proses persalinan istri dibutuhkan mental dan fisik yang fit dari seorang suami untuk memberikan dukungan  dan pelayanan kepada seorang istri yang berjuang menunaikan tugas yang mulia. 

               Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit ataupun stress saat persalinan. Maka dari itu, seorang suami harus menjaga kesehatan, tidur dan makan yang teratur serta olahraga ringan untuk kesiapan fisik dan mental.


So, Selamat Bersiap.. :)

Comments