Cara Install Wordpress



Menginstal Wordpress hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit. Konfigurasi WordPress juga sangat sederhana dan mudah. Selain itu wordpress juga menyediakan panduan untuk proses instalasi. Peminat yang banyak membuat pengguna yang masih pemula tidak sulit menemukan forum ataupun tutorialnya untuk mengembangkan websitenya.
Sebelum dimulai proses instalasi, download file wordpress Klik Disini dan XAMPP sebagai web server serta database server. Jika belum melakukan instalasi XAMPP silahkan instal terlebih dahulu sebelum menginstall wordpress. Silahkan download file XAMPP di sini, untuk instalasi XAMPP silahkan baca tutorialnya.



Hal pertama yang dilakukan untuk instalasi adalah meng-ekstrak file paket wordpress.zip, kemudian letakkan folder wordpress di folder C:\xampp\htdocs dan ganti nama folder wordpress sesuai keinginan.

Letak Folder Htdocs


Buka folder wordpress dan lihat struktur folder wordpress, terdapatbeberapa file dan folder dengan fungsi masing-masing. Struktur Wordpress terlihat seperti gambar berikut:

Struktur wordpress

Gambar di atas adalah struktur folder dan file yang ada pada wordpress. terdapat folder wp-content di dalamnya dimana folder tersebut adalah tempat untuk theme dan widget.


XAMPP Control Panel
Setelah melalui proses persiapan file, pastikan servis web server dan database server anda telah berjalan dengan membuka XAMPP control panel dan klik pada tombol start pada modul apache dan modul mysql seperti gambar.

Hal ini sangatlah penting, karena apache adalah sebuah aplikasi yang bertindak sebagai web server, sedangkan MySQL adalah database server dimana semua data website tersimpan di database.

Setelah memastikan web dan database server telah berjalan, selanjutnya buat database baru untuk penyimpanan data wordpress.

Untuk membuat database baru, buka browser dan ketikkan alamat localhost/phpmyadmin. Setelah itu akan ditampilkan halaman phpmyadmin seperti berikut:

Buat Database Baru di phpmyadmin
Ketik nama database untuk website yang akan dibuat pada field/ kolom create database yang terletak di sisi kanan kemudian klik tombol create. Sampai di sini telah berhasil membuat database baru sebagai persiapan instalasi wordpress.

Langkah selanjutnya, silahkan buka new tab pada browser dan ketikkan localhost/namafolderwordpressdihtdocs/ untuk membuka halaman instalasi wordpress, dalam hal ini admin membuka localhost/tutorial/ dan tampil halaman instalasi seperti berikut:

Pilih Bahasa

Pilih bahasa sesuai dengan keinginan, disini admin memilih bahasa English(United states). Namun terdapat pilihan Bahasa Indonesia juga. Selanjutnya  klik tombol Continue untuk melanjutkan, maka akan terbuka halaman yang memuat pesan atau petunjuk untuk menyiapkan beberapa hal yang telah disiapkan sebelumnya.


Halaman Requirement Wordpress

Dalam halaman tersebut disebutkan 5 hal yang perlu disiapkan yakni:

  1.  Database name : nama database yang telah disiapkan (dalam hal ini telah dibuat database dengan nama tutorial)
  2. Database username: Dalam hal ini tidak dilakukan konfigurasi khusus jadi mengikuti setting default xampp yakni root.
  3. Database password: secara default adalah kosong (tidak ada).
  4. Database host: karena kita memasangnya di offline maka database hostnya adalah localhost.
  5. Table prefix: awalan tabel yang akan dibuat.
Dari keterangan tersebut diperoleh data sebagai berikut:

  1. Database Name: tutorial
  2. Database Username: root
  3. Database Password: (Biarkan Kosong)
  4. Database host: localhost
  5. Table Prefix: wp_ 
Setelah itu klik tombol LET'S Go, dan akan dibawa pada halaman form konfigurasi database seperti  gambar di bawah ini. Masukkan data yang telah kita siapkan ke masing-masing field / isian.

Form Config Database Wordpress
Setelah form terisi, klik tombol submit kemudian akan membawa kita ke proses selanjutnya dengan tampilan sebagai berikut:

Jalankan Instalasi Wordpress
Sejauh ini telah berhasil menkonfigurasi database dan telah meng-koneksi wordpress dengan database yang telah dibuat. Selanjutnya tekan tombol Run the install (jalankan instalasi) dan akan menuju form untuk meng-konfigurasi website.

Form Konfigurasi Website Wordpress
Lengkapi form dan tekan tombol Install Wordpress, maka proses instalasi akan berjalan. Setelah proses instalasi selesai maka akan ditampilkan halaman status proses instalasi. jika proses instalasi berhasil maka tampilannya akan seperti ini:


Instalasi Berhasil

Proses instalasi wordpress telah berhasil. Untuk masuk ke halaman administrasi wordpress silahkan tekan tombol Log In dan masukkan username dan password yang telah dibuat sebelumnya.

Halaman Login

Jika proses otentikasi username password benar maka akan ditampilkan halaman administrator seperti gambar berikut:

Halaman Administrator
Halaman administrator berfungsi untuk mengembangkan tampilan dan membuat pos/artikel pada website. Untuk melihat tampilan website yang telah dibuat dengan CMS Wordpress silahkan buka alamat localhost/tutorial/ dan akan ditampilkan seperti berikut:


Tampilan Default Website Wordpress
Cara membuat website dengan wordpress telah berhasil. Untuk konfigurasi silahkan cari tutorial yang banyak tersedia seperti mengganti template wordpress, memasang widget, setting wordpress, menginstal template baru dan lain sebagainya.

Comments