Cara Mengganti Theme Wordpress




Belajar Wordpress memang menarik, selain mudah Wordpress juga dinamis dalam segi tampilan dan layout. Banyak Website atau Blog dan pengembang yang menyediakan theme gratis yang bagus dan sesuai dengan fungsi. Oleh karena itu, banyak sekali peminat baru/ pemula yang tertarik untuk mempelajari CMS ini.

Bagi pemula, hal pertama yang dipelajari adalah cara membuat website dengan wordpress dan instalasinya. Setelah tuntas proses instalasi, barulah belajar hal yang lebih menarik seperti mengutak-atik tema/themes.



Dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai cara mengganti theme Wordpress. Theme berfungsi untuk mempercantik atau lebih tepatnya menampilkan website sesuai dengan keinginan. Banyak pengembang wordpress yang menyediakan theme gratis dan bagus, Namun untuk mempermudah pemula maka akan menggunakan theme yang disediakan secara default oleh Wordpress.

Sebagai wacana dalam artikel ini, admin menggunakan XAMPP sebagai web server dan database server dengan konfigurasi sebagai berikut:

  1. Database Name: tutorial
  2. Database Username: root
  3. Database Password: (Biarkan Kosong)
  4. Database host: localhost
  5. Table Prefix: wp_ 
  6. Website URL: localhost/tutorial/
Tampilan Website Wordpress saat pertama kali sukses diinstal sebagai berikut:



Tampilan Website Pertama Kali Di Install

Untuk mengganti theme dengan cara Login ke halaman administrator dengan cara tekan tombol site admin yang ada di bawah atau langsung pergi ke alamat localhost/tutorial/wp-admin/. Setelah itu masukkan username dan password pada form login:

Form Login Wordpress

Jika username dan password benar, maka halaman administrator akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini:

Halaman Administrator Wordpress

Untuk merubah theme, silahkan klik Menu Appearance dan klik Menu Themes (Bahasa Indonesia: Pilih menu tampilan dan pilih menu tema) maka daftar theme yang tersedia akan ditampilkan seperti terlihat di gambar berikut:

Daftar Tema Wordpress

Dalam daftar theme wordpress terdapat salah satu theme yang telah aktif digunakan (Ex: Active:Twenty Sixteen) yakni theme Twenty Sixteen. 

Tahap selanjutnya adalah memilih salah satu tema, disini admin memilih theme Twenty Fourteen. 


Pilih Theme Twenty Fourteen Wordpress

Seperti terlihat pada gambar, status active theme sekarang menjadi Twenty Fourteen. Sejauh ini, penggantian theme/ tema Wordpress telah berhasil.

Untuk melihat perubahan tampilan website setelah penggantian theme silahkan sorot menu home dan klik menu visit site, atau langsung pergi ke alamat localhost/tutorial/

Berikut tampilannya:


Tampilan Twenty Fourteen Wordpress Themes

Dari gambar di atas tampilannya memang belum enak dipandang, namun bagus tidaknya tampilan akan lebih terlihat setelah ditampilkan logo, artikel, widget dan lain sebagainya.

Selain tema yang disediakan oleh Wordpress, bisa juga ditambahkan themes yang didapat dari penyedia theme wordpress gratis yang Insya Allah akan dibahas di artikel selanjutnya.

Comments